Ikatan Remaja Masjid Desa Kanaungan (IRMADEKA) menggelar Kegiatan Amalia Ramadhan

  • Mar 25, 2024
  • MUSFIRA

Pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024 Ikatan Remaja Masjid Desa Kanaungan (IRMADEKA) menggelar kegiatan Pembukaan Amalia Ramadan yang berlangsung di Lapangan Desa Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Kegiatan Amalia ramadahan yang akan berlangsung sejak tanggal 25 maret hingga 1 April 2024, dan megusun tema yaitu “ Menjadikan Amalia Ramadahan Sebagai Wadah Pendidikan Islam Menuju Generasi Emas Desa Kanaungan”  yang Dimana kegiatan ini di hadiri oleh beberapa tokoh kebanggaan yang ada di Desa Kanungan yaitu Ibu Hj. Andi Nirawati (Anir), Camat Labakkang bersamaan istri dan jajaran, Kapolsek Labakkang Aidil Akbar, Babinsa Desa Kanaungan Abdullah mewakili Danramil Labakkang., kepala Desa Kanaungan Srianty saenong beserta jajarannya , ketua umum Demisioner yang sekaligus pendiri Pertama Irmadeka yaitu Muh. Yamin Bersama Usman Marola dan jajaran lainnya, pengurus Irmadeka periode 2024-2027 di bawah pimpinan Achmad Arland, panitia pelaksana, majelis taklim Annisa Desa Kanaungan para peserta dan warga Masyarakat setempat.

Sebagaimana dalam laporan Ketua Panitia yaitu Syawal Saputra menyampaikan bahwa kegiatan ini akan mengadakan jenis-jenis Lomba yaitu; Lomba Kaligrafi yang berkategori; Remaja, adzan ;Anak-Anak, Sholat berjamaah: Remaja, tata cara pengurus jenazah; remaja, tilawah; remaja, tadarrus: anak-anak dan remaja, hafalan surat” pendek: anak-anak ceramah bugis dan inhdonesia, busana muslim; anak-anak, qasidah rebana;umum, barazanji,cerdas dan cermat quran; Remaja, puitisasi; anak-anak dan remaja serta nyanyi solo; umum.

Dalam Sambutan ketua irmadeka Achmad Arlan akan terus bertekad melanjutkan dan meneruskan cita-cita dan perjuangkan dari irmadeka ini bahkan akan berusaha untuk selalu meningkatkan kegiatan, menyukseskan acara pada mala hari ini tak lepas dari bantuan dari semua pihak terutama kepala desa dan dukungan dari camat, olehnya lewat kesempatan ini ucapkan terima kasih.

Sambutan ketua umum Demisioner yang sekaligus pendiri Iramadeka yaitu Muh. Yamin menyampaikan keberadaan Irmadeka yang dari suka duka sejahterahnya di bentuk pada 16 Maret 1990 silam yang dengan semangat hingga membentuk Desa kanaungan definitive sebagaimana keberadaan saat ini.

Sambutan Kepala Desa Kanaungan yaitu Srianty Saenong mengatakan bahwa akan terus mendukung dan mensupport pembinaan keagamaan masjid kegiatan-kegiatan Irmadeka ini, dan mala mini meningkatkan bantuan dana tahun yang semula biasanya dari 10 juta rupian (10.000.000) menjadi 15 Juta rupiah (15.000.000) yang di sambut applause hadirin.

Sambutuan Kapolsek Labakkang yaitu; Aidil Akbar mengatakan Polri Bersama TNI akan membackup dari segi keamanan dan dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa penekanan yang memjadi peringatan kepada seluruh warga terutama anak-anak muda dan para pengendara kendaraan yang sementara dihindari di bulan Ramadhan ini.

Sambutan Hj. Andi Nirawati mengadakan bahwa sebagai warga Masyarakat setempat sangat mengapresiasi dan berjanji akan terus memperhatikan dan membantu sebisanya dari kegiatan Irmadeka ini tentunya juga sebagai rasa terima kasih atas bantuan dan dukungan keberhasilannya Kembali terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan yang kendati saat ini belum di lantik.

Sambutan Camat Labakkang Bahri sekaligus membuka acara kegiatan Irmadeka ini mengapresiasi dan mengatakan bahwa luar biasa dan rasa bangganya terhadap kegiatan di Desa Kanaungan ini karena dengan kegiatan ini merupakan kunjungannya yang paling meriah dan berkesan dari 9 Desa kelurahan yang sudah di kunjungi, dan dari  keseluruhan 13 Desa dan kleurahan se kecamatan labakkang dalam rangka kunjungan safari Ramadhan.

Sebelum acara pemotongan dan pembagian tumpung oleh ketua Irmadeka terlebih dahulu di adakannya penyerahan dan jasa dakwah oleh kepala Desa Kanaungan Srainty saenong kepada Ansar Abdullah Dg. Tantang sebagai pengurus Masjid, dan Suci Ramadhani sebagai Bendahara kegiatan di saksikan oleh camat Labakkang Yaitu Bahri, SE.,M.M